Enam Mahasiswa Program Studi Matematika Mengikuti Kompetisi Calculus Cup X Regional Kalimantan

Calculus Cup X

Hari ini, tanggal 8 September 2018, bertempat di Laboratorium Statistika Terapan, mahasiswa program studi matematika Universitas Mulawarman mengikuti babak penyisihan dalam kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) program studi matematika Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kompetisi ini bernama Calculus Cup yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menjalin persahabatan antar Perguruan Tinggi, menguji dan menambah wawasan mengenai kalkulus, serta meningkatkan eksistensi Universitas Negeri Jakarta pada ranah nasional. Pada tahun ini, Calculus Cup X memiliki tema Victory of Calculus.

Babak Penyisihan
Babak penyisihan dilakukan secara serentak di sembilan regional yang berbeda. Program studi matematika Universitas Mulawarman mengirimkan 2 tim untuk mewakili regional kalimantan, dengan masing-masing tim beranggotakan 3 mahasiswa aktif.

Tim Ghony Calculus Cup X
dari kiri ke kanan: Sahira, Ghony Nurhuda, Nur Azirah

Tim pertama beranggotakan:

  1. Ghony Nurhuda
  2. Sahira
  3. Nur Azirah

Sedangkan tim kedua beranggotakan:

  1. Muliya Wiladi
  2. Abdul Wahab
  3. Dewi Satriani
Tim Muliya Calculus Cup X
dari kiri ke kanan: Abdul Wahab, Dewi Satriani, Muliya Wiladi

 

Pada babak penyisihan ini setiap tim harus melalui tiga tahap, yaitu:

  1. mengerjakan 40 soal isian singkat.
  2. menyusun beberapa potongan kertas sehingga menghasilkan soal dari jawaban yang tertera pada amplop coklat. Setiap tim diberi tiga amplop coklat oleh panitia.
  3. mengerjakan satu soal essay yang berbeda untuk setiap tim. Soal essay ini dikerjakan dengan sistem estafet, yaitu dikerjakan secara individu dan bergantian satu sama lain dalam satu tim dengan melanjutkan pekerjaan yang telah dikerjakan oleh anggota sebelumnya.

Seleksi babak penyisihan ini dilakukan berdasarkan jumlah poin terbesar yang diperoleh. Dengan motivasi yang kuat, diharapkan mahasiswa program studi matematika dapat melangkah ke babak semifinal di tingkat nasional.