Program Studi Matematika Kembali Mengirimkan Team Debat NUDC ke tingkat fakultas

NUDC 2019

Lomba debat bahasa inggris bernama National University Debating Championship (NUDC) menjadi perhelatan yang dinanti oleh mahasiswa program studi Matematika Universitas Mulawarman. Lomba debat yang diselenggarakan di bawah Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ini menjadi salah satu agenda penting mahasiswa program studi Matematika. Oleh karena itu, program studi Matematika berinisiatif untuk kembali mengirimkan team debat NUDC ke tingkat fakultas.

Lomba debat NUDC ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kemampuan berargumentasi. Selain itu, mahasiswa juga dituntut agar dapat menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik. Lomba debat ini dapat menjadi media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa.

Suasana NUDC 2019

Sistem yang digunakan dalam NUDC adalah sistem British Parliamentary (BP). Sistem ini adalah sistem yang digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia. Dalam kegiatan tahun ini, disediakan 3 mosi yang menarik dan hangat saat ini, yang salah satunya mengenai revolusi industri 4.0.

Tahun 2019 ini, program studi Matematika mengirim dua team debat, yaitu dua mahasiswa perwakilan angkatan 2017 dan dua mahasiswa perwakilan angkatan 2018. Ghony Nurhuda (2017) dan Gracyella Niken Sekar Arum (2017) dipilih kembali menjadi team debat yang mewakili program studi Matematika untuk mengasah kemampuan debat bahasa inggrisnya. Kedua mahasiswa angkatan 2017 ini sudah tidak diragukan lagi kemampuan dalam menganalisis segala permasalahan yang terjadi saat ini.

Team Debat NUDC 2017
Gracyella Niken Sekar Arum dan Ghony Nurhuda

Team debat selanjutnya adalah dua mahasiswa pilihan angkatan 2018 yang dapat menunjukkan tekatnya dalam penguasaan bahasa inggris. Dua mahasiswa angkatan 2018 yang terpilih adalah Langgeng Prassadewo Sukma Adi Winoto Basla (2018) dan Kinanti Kintan Kemuning (2018). Partisipasi aktif kedua mahasiswa angkatan 2018 ini menjadi pengalaman yang berharga dan menjadi semangat untuk memajukan program studi Matematika.

“Kompetisi NUDC ini sangat menguji kemampuan berbahasa inggris Kita serta berpikir kritis mengenai masalah yang ada di sekitar Kita. Ya, walaupun tidak lolos, namun tetap dapat pengalaman berharga”.

Sahut team debat NUDC angkatan 2018
Kinanti Kintan Kemuning dan Langgeng Prassadewo Sukma Adi Winoto Basla

Walaupun kedua team ini belum bisa mewakili fakultas ke tingkat universitas, namun program studi Matematika mengapresiasi semangat dan kerja kerasnya selama persiapan lomba debat bahasa inggris ini. Semoga tahun ini menjadi evaluasi agar lomba debat selanjutnya menjadi lebih baik lagi.

Spread the love