Team KDMI Prodi Matematika Menjadi Team Terbaik di Fakultas MIPA Tahun 2019

KDMI 2019

Team debat utusan prodi Matematika yang merupakan mahasiswa-mahasiswi dari beberapa angkatan, yaitu Ahmad Topik (2017), Nur Amalia Khaerunnisa (2017), dan Sendy Clara Aprillia (2018), ikut berlaga dalam seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat Fakultas MIPA pada hari rabu tanggal 13 Februari 2019. Walaupun persiapan debat dilakukan secara otodidak yang dikarenakan kurang persiapan dan tidak pernah latihan secara bersama dalam satu team, namun tidak menurunkan semangat untuk bertanding. Alhasil, team banggaan prodi Matematika ini menjadi team terbaik di Fakultas MIPA Universitas Mulawarman.

Team KDMI 2019

Pelaksanaan kompetisi ini dikoordinir dari BEM Fakultas MIPA dan beberapa panitia pelaksana KDMI dari Universitas Mulawarman. Kegiatan ini merupakan seleksi tahap fakultas untuk mendapatkan 3 pembicara terbaik yang akan mewakili Fakultas MIPA untuk maju mewakili tingkat universitas.

Seleksi KDMI Fakultas MIPA terdiri dari 6 team perwakilan yang berasal dari 4 jurusan. Seleksi KDMI Fakultas MIPA terdiri dari 3 babak eliminasi. Berdasarkan 3 babak ini, dipilih tiga teratas berdasarkan penilaian individu yang akan mewakili Fakultas MIPA ke level universitas. Team prodi Matematika mendapatkan 3 kemenangan berturut-turut dalam ketiga babak tersebut. Pada babak pertama team prodi Matematika bertemu dengan team prodi Statistika A, kemudian babak kedua juga bertemu kembali dengan team prodi Statistika A. Pada babak ketiga, prodi Matematika bertemu dengan team prodi Biologi. Tiga kemenangan tersebut mengantarkan team prodi Matematika menjadi team terbaik KDMI Fakultas MIPA. Akan tetapi, hasil team terbaik tidak diikuti dengan nilai individu teratas. Semoga ini menjadi awal pembelajaran bagi mahasiswa prodi Matematika untuk mengembangkan kemampuan non akademik, yaitu pengasahan softskill berupa public speaking dan tidak ada rasa gugup ketika berdiri di muka umum.

Spread the love