Webinar #1 Program Studi Matematika Tahun 2022: “Data Science pada Penerapan Aljabar Linear”

Data science merupakan tren populer yang sedang gencar diburu. Hal ini dikarenakan banyaknya pihak-pihak yang sangat berkepentingan dengan data. Pada dasarnya, algoritma-algoritma yang sering digunakan di data science berasal dari konsep-konsep di Aljabar Linier. Dapat dikatakan bahwa aljabar linear merupakan salah satu pondasi penting dalam data science.

Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, mengangkat tema Data Science pada Penerapan Aljabar Linear” dalam kegiatan webinar yang diselenggarakan pada hari Jumat, 25 Maret 2022 pukul 08.30 WITA – selesai.

Kegiatan webinar ini menghadirkan narasumber utama, yaitu Dr. Eng. Armin Lawi, M.Eng, dari Program Studi Sistem Informasi, Departemen Matematika, FMIPA, Universitas Hasanuddin, dan narasumber Qonita Qurrota A’yun, S.Si., M.Sc, dosen di Program Studi Matematika, Universitas Mulawarman.

Kegiatan webinar berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas MIPA, Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si. Pada kesempatan tersebut, Dekan FMIPA menyampaikan apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan kegiatan keilmuwan, seperti webinar.

Sesi utama webinar dipandu oleh moderator, yaitu Fidia Deny Tisna Amijaya, S.Si., M.Si. (dosen Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman). Mula-mula, narasumber Qonita Qurrota A’yun, M.Sc memberi materi pengantar berupa dasar-dasar aljabar linier yang banyak digunakan dalam data science. Selanjutnya, narasumber utama Dr. Eng Armin Lawi, M.Eng menyampaikan materi utama terkait data science dalam penerapan aljabar linear. Beliau menekankan pentingnya menguasai konsep-konsep fundamental di aljabar linier sebagai dasar untuk membangun algoritma di data science.

Pada sesi diskusi, antusiasme peserta tampak dari beragamnya pertanyaan yang diajukan, baik dari dosen maupun mahasiswa. Bahkan tidak hanya dari lingkungan FMIPA saja, namun ada pula dosen dari Fakultas Teknik Universitas Mulawarman yang turut mengajukan pertanyaan terkait tren bitcoin dan kaitannya dengan data science. Tercatat lebih dari 130 peserta yang mengikuti kegiatan webinar dan menyimak pemaparan materi. Webinar diakhiri dengan penutup dari Koordinator Program Studi Matematika, Dr. Syaripuddin, M.Si, yang menyampaikan harapan bahwa kegiatan webinar perlu diselenggarakan secara berkelanjutan agar semakin memperluas wawasan keilmuwan di bidang Matematika dan menjadi wadah diskusi bagi sesama pegiat Matematika.

Spread the love