[Appreciation Post] Mahasiswa Matematika Mewakili FMIPA pada Seleksi ONMIPA PT Universitas Mulawarman

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) merupakan lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan salah satu mata bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Prestasi gemilang ditorehkan oleh mahasiswa Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mulawarman dalam ajang ONMIPA Bidang Matematika tahun 2024 ini. ONMIPA tingkat jurusan diikuti oleh 6 mahasiswa matematika dan 4 mahasiswa statistika. Tiga mahasiswa berbakat dari Program Studi Matematika berhasil lolos seleksi ke tingkat Universitas yang diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu, 23-24 Maret 2024. Para mahasiswa tersebut berhasil mengalahkan mahasiswa dari Program Studi Statistika, dan akan mewakili jurusan maupun fakultas di tingkat universitas. Para mahasiswa tersbut adalah Rabbiatul Adawiyah, Ridho Fadillah, dan Korompot, Naufal Fahrezi. Berdasarkan hasil seleksi di tingkat universitas, ketiga mahasiswa tersebut berhasil meraih Juara 2 atas nama Rabbiatul Adawiyah, Juara Harapan 1 diraih oleh Ridho Fadillah, dan Juara Harapan 2 diraih oleh Korompot, Naufal Fahrezi.

Keberhasilan ini, mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Dekan FMIPA Unmul, Ketua Jurusan Matematika dan Koordinator Program Studi Matematika. Dalam wawancarannya dengan Koordinator Program Studi Matematika, Ibu Qonita Qurrota A’yun, S,Si., M.Sc. menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian dari para mahasiswa tersebut. “Ini adalah bukti kerja keras, dan pencapaian yang luar biasa oleh mahasiswa Program Studi Matematika yang telah berhasil lolos di tingkat Universitas, meskipun belum mampu mewakili universitas di tingkat wilayah. Mereka telah membawa nama baik Program Studi Matematika dan tentunya Fakultas MIPA tercinta. Semoga potensi yang dimiliki terus dikembangkan sehingga di tahun berikutnya dapat meraih prestasi yang lebih gemilang”.

Rabbiatul Adawiyah, salah satu finalis, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian yang telah diperoleh sebagai Juara 2 ONMIPA Bidang Matematika tingkat Universitas. “ Saya sangat bersyukur dan bangga bisa mewakili Program Studi Matematika di ONMIPA tahun ini. Ini adalah hasil kerja keras dari bimbingan para dosen dan dukungan penuh dari keluarga, dan teman-teman semua. Kami telah berusaha  semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik di ONMIPA ini,” ujar Atul, sapaan dari Rabbiatul.

Semoga semangat para finalis dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa Program Studi Matematika yang lainnya untuk terus berkembang dan meraih prestasi gemilang baik di bidang akademik maupun non akademik.  

Spread the love