Seminar Pengajuan Konversi Mata Kuliah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi S-1 Matematika

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus. Program ini sejalan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) 2 Perguruan Tinggi yang menekankan pentingnya pengalaman praktis bagi mahasiswa di dunia nyata. Program-program MBKM seperti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), serta Kampus Mengajar (KM) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka di lingkungan kerja nyata, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan.

  Program Studi S-1 Matematika mengalami peningkatan signifikan pada jumlah partisipasi program MBKM semester Genap 2023/2024 dari Kemendikbudristek. Total tingkat partisipasi mahasiswa Matematika di angkatan 2021 dalam program MBKM dari Kemendikbudristek mencapai 31 dari 39 mahasiswa 79.48%. Setelah menyelesaikan kegiatan/program di luar kampus, mahasiswa mengajukan konversi mata kuliah di Prodi Matematika dengan tahapan pengajuan berkas dan sidang seminar.  Untuk itu, diselenggarakan Seminar Pengajuan Konversi Mata Kuliah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi S-1 Matematika. Seminar ini merupakan langkah penting dalam mendukung mahasiswa untuk mengonversi kegiatan mereka di luar kampus menjadi mata kuliah yang diakui dalam program studi. Dengan adanya seminar ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kegiatan MBKM yang telah mereka ikuti dan mengajukan konversi mata kuliah yang setara.

Kegiatan Seminar Pengajuan Konversi Mata Kuliah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi S-1 Matematika Tahun 2024 dilaksanakan pada Senin, 29 Juli 2024 di Ruang-ruang kelas Lantai 4 Gedung Science Learning Center FMIPA Universitas Mulawarman.

Spread the love

8 Replies to “Seminar Pengajuan Konversi Mata Kuliah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi S-1 Matematika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *