Mahasiswa Program Studi Matematika Menjadi Perwakilan FMIPA di KDMI Tingkat Universitas Mulawarman Tahun 2018

KDMI 2018

Pada tanggal 11 sampai 13 April 2018, Universitas Mulawarman (Unmul) mengadakan seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), yang bertempat di aula S2 Pertanian Unmul. Sebelumnya telah dilaksanakannya seleksi tingkat fakultas, dan terpilihlah 4 mahasiswa yang salah satunya berasal dari program studi matematika bernama Ahmad Topik. Menjadi salah satu perwakilan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai Tim Debat, membuat mahasiswa yang masih menjalani semester 2 ini bertambah pengalamannya. Di sisi lain, juri undangan yang terpilih untuk mewakili FMIPA adalah Wasono, S.Si., M.Si. yang juga berstatus sebagai dosen di program studi Matematika.

FMIPA mengirimkan 4 mahasiswa. Berikut dibawah ini adalah foto tim mahasiswa dari FMIPA. Dari kiri ke kanan, yaitu Donny Damara (Statistika 2015) sebagai Juri N1 atau juri binaan, dan Tim Debat yang terdiri dari Ahmad Topik (Matematika 2017), Dwi Agus Setiawan (Statistika 2015), dan Azhar (Biologi 2017).

Dengan diselenggarakannya kompetisi debat ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis dan analitis, mengembangkan kemampuan dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, dan memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya. Sistem yang akan digunakan di dalam seleksi KDMI ini adalah Asian Parliamentery (AP). Adapun penilaian dalam KDMI ini mencakup isi, gaya, dan strategi yang digunakan. Ajang ini memilih tim juara dan best speaker serta juri binaan terbaik. Best speaker akan dipilih tiga terbaik dan juri binaan terbaik 1 akan mewakili Universitas Mulawarman maju di tingkat regional.

Spread the love