Workshop Penyusunan Dokumen Audit Mutu Internal (AMI)

Audit Mutu Internal (AMI) adalah proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. Manfaat Audit Mutu Internal yaitu membantu organisasi dalam mencapai tujuannya dengan cara mengevaluasi dan mendorong adanya peningkatan melalui proses:

  1. memverifikasi tujuan perguruan tinggi, standar Dikti yang di tetapkan perguruan tinggi, dan nilai-nilai yang telah ditetapkan dilaksanakan sesuai regulasi,
  2. memantau kesesuaian pencapaian tujuan atau pelaksanaan yang standar,
  3. menjamin akuntabilitas dari Pelaksanaan standar, dan
  4. menemukan ruang perbaikan dalam rangka mengurangi risiko perguruan tinggi: risiko kualitas, risiko hukum, risiko keuangan, risiko strategik, risiko kepatuhan, risiko operasional, dan risiko reputasi.

Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman mengadakan workshop dalam rangka Penyusunan Dokumen Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan pada hari Selasa, 5 Juli 2022 pukul 08.30 – 14.00 WITA di Ruang Theatre Science Learning Centre. Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni,  Dr. Sri Wahyuningsih, M.Si., Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keungan, Dr. Yanti Puspitasari, M.Si., seluruh ketua jurusan dan sekretaris jurusan di Fakultas MIPA, Unit Jaminan Mutu Prodi di Lingkungan Fakultas MIPA, serta seluruh dosen, staff administrasi, dan pranata laboran di lingkungan Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Mulawarman.

Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber utama, yaitu Dr. Adrianus Inu Natalisanto, S.Si., M.Si. yang merupakan Ketua Gugus Jaminan Mutu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman. Kegiatan workshop ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni,  Dr. Sri Wahyuningsih, M.Si.


Keberlangsungan Workshop Penyusunan Dokumen Audit Mutu Internal (AMI)

Selama berlangsungnya Workshop Penyusunan Dokumen AMI ini dipandu oleh moderator, yaitu Dr. Darnah Andi Nohe, S.Si., M.Si. sebagai Ketua Unit Jaminan Mutu Program Studi Statistika Fakultas MIPA Universitas Mulawarman. Mula-mula, narasumber Dr. Adrianus Inu Natalisanto, S.Si., M.Si. menyampaikan secara garis besar tentang Audit Mutu Internal. Kemudian, dilanjutkan dengan mengevaluasi dan diskusi tentang dokumen Audit Mutu Internal Program Studi S1 Statistika. Selanjutnya, untuk sesi kedua merupakan kegiatan mengevaluasi dan diskusi tentang dokumen Audit Mutu Internal Program Studi S1 Matematika. Antusiasme peserta workshop tampak dari beragamnya pertanyaan yang diajukan baik dari dosen Jurusan Matematika maupun dari tamu undangan terkait dokumen yang harus disiapkan pada Audit Mutu Internal ini.

Kegiatan Workshop Persiapan Dokumen Audit Mutu Internal (AMI) diakhiri dengan penutup dari Ketua Jurusan Matematika Fakultas MIPA, Dr. Suyitno, S.Pd., M.Sc., yang menyampaikan harapan bahwa dengan adanya workshop ini, dokumen Audit Mutu Internal dapat dipersiapkan secara matang dan lengkap.

Spread the love