Seminar Matematika: Neural Network dan Aplikasinya

Rabu, 12 Oktober 2022, Program Studi S1 Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman menyelenggarakan kegiatan Seminar Matematika: Neural Network dan Aplikasinya di Gedung Sains Learning Center (SLC) Theater Room pada pukul 08.00 – 10. 20 WITA. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Syaiful Anam, S.Si., MT., Ph.D. dari Universitas Brawijaya sebagai narasumber, Ketua dan Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA Universitas Mulawarman Bapak Dr. Suyitno, S.Pd., M.Sc. dan Ibu Ika Purnamasari, S.Si., M.Si., Koordinator Program Studi S1 Matematika Dr. Syaripuddin, S.Si. ,M.Si., dosen Jurusan Matematika, dan Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Mulawarman angkatan 2020, 2021, 2022. Kegiatan seminar matematika ini dipandu oleh Nur Rifdah selaku MC.

Kegiatan Seminar Matematika: Neural Network dan Aplikasinya dibuka oleh Koordinator Program Studi S1 Matematika Dr. Syaripuddin, S.Si., M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Syaripuddin, S.Si., M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan seminar ini dengan sangat baik. Selain itu, dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini dapat diselenggarakan via luring, karena sebelumnya hanya dapat dilakukan via daring melalui Zoom Meeting yang disebabkan oleh pandemi Covid19. Beliau juga menyampaikan bahwa seminar matematika yang bertemakan Neural Network dan Aplikasinya sangat penting untuk mahasiswa dan dosen Jurusan Matematika, karena perkembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang Matematika tidak terlepas dari Neural Network seperti dalam bidang pemodelan matematika, teori graf, dan optimasi matematika. Selain itu, Neural Network ini juga sangat erat kaitannya dengan perkembangan keilmuan lainnya baik dibidang Biologi, Kimia, maupun Fisika. Mengingat pentingnya Neural Network ini, maka Program Studi S1 Matematika menyelenggarakan Seminar Matematika: Neural Network dan Aplikasinya dengan mendatangkan seorang Ahli dalam bidang Neural Network Bapak Syaiful Anam, S.Si., MT., Ph.D. dari Universitas Brawijaya sebagai narasumber.

Kegiatan Seminar Matematika ini dimoderatori oleh Bapak Fidia Deny Tisna Amijaya, S.Si., M.Si. selaku dosen Program Studi Matematika dengan narasumber Bapak Syaiful Anam, S.Si., MT., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa Neural Network adalah sebuah cabang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang cara kerjanya meniru cara kerja syaraf-syaraf otak manusia. Dengan cara ini, Neural Network memberikan program komputer sebuah kemampuan untuk bisa mengenali pola dan menyelesaikan berbagai masalah di dalam kehidupan. Untuk menguasai Neural Network dibutuhkan kemampuan dalam bidang matematika, statistika, dan pemrograman komputer. Selain itu, beliau juga menyampaikan terkait dengan Pilar Industri 4.0 meliputi cloud computing, mobile technology, machine to machine, 3D printing, advanced robotics, big data, IoT, RFID Technologies, cognitive computing, dan cyber security.

Kegiatan Seminar Matematika: Neural Network dan Aplikasinya ini dengan sangat antusias baik oleh dosen maupun mahasiswa Jurusan Matematika. Penyampaian materi dari narasumber mendapat respon yang sangat baik dari peserta seminar. Pada akhir kegiatan, Ketua Jurusan dan Koordinator menyerahkan sertifikat dan souvenir kepada narasumber Bapak Syaiful Anam, S.Si., MT., Ph.D. dan Moderator Bapak Fidia Deny Tisna Amijaya, S.Si., M.Si. selain itu, dalam acara penutupan tersebut juga diserahkan souvenir berupa buku Bahasa Pemrograman C++ untuk penanya terbaik yang langsung diserahkan oleh narasumber Bapak Syaiful Anam, S.Si., MT., Ph.D.

Spread the love