Webinar Matematika: Implementasi Model Lotka-Volterra pada Persaingan Bisnis

Selasa, 22 November 2022, Program Studi S1 Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman menyelenggarakan kegiatan Webinar Matematika: Implementasi Model Lotka-Volterra pada Persaingan Bisnis di Gedung Science Learning Center (SLC) Theater Room  FMIPA Universitas Mulawarman dan dalam jaringan (daring) via zoom pada pukul 08.30 – 11. 30 WITA. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Fatmawati., M.Si. dari Universitas Airlangga sebagai narasumber, ketua dan sekretaris Jurusan Matematika FMIPA Universitas Mulawarman Bapak Dr. Suyitno, S.Pd., M.Sc. dan Ibu Ika Purnamasari, S.Si., M.Si., koordinator Program Studi S1 Matematika Dr. Syaripuddin, S.Si. ,M.Si., koordinator Program Studi di lingkungan FMIPA, dosen-dosen di lingkungan FMIPA, dan Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Mulawarman angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022. Kegiatan seminar matematika ini dipandu oleh Sintauli Atalia Magdalena Silaen sebagai MC.


Webinar Matematika: Implementasi Model Lotka-Volterra pada Persaingan Bisnis di Gedung Science Learning Center (SLC) Theater Room  FMIPA Universitas Mulawarman

Kegiatan Webinar Matematika:  Implementasi Model Lotka-Volterra pada Persaingan Bisnis dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika Dr. Suyitno, S.Pd., M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan webinar dengan baik. Selanjutnya, beliau juga mengapresiasi kegiatan webinar ini yang dapat terselenggara via luring dan daring karena dapat mengakomodir mahasiswa dan dosen di lingkungan Fakultas MIPA UNMUL untuk mengikuti webinar.

Beliau juga menyampaikan bahwa webinar matematika yang bertemakan Implementasi Model Lotka-Volterra pada Persaingan Bisnis sangat penting untuk mahasiswa dan dosen Jurusan Matematika, karena perkembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang Matematika memiliki peran yang cukup berpengaruh pada masalah nyata. Selain itu, penerapan model Lotka-Volterra ini dapat menggambarkan fenomena-fenomena persaingan bisnis antara beberapa perusahaan. Namun, tidak menutup kemungkingkan model ini dapat  memperbarui perkembangan keilmuan lainnya baik di bidang Biologi, Kimia, maupun Fisika. Materi ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menentukan topik skripsi, mahasiswa yang ingin menentukan topik untuk  mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), maupun mahasiswa yang ingin mengembangkan keilmuannya dari materi perkuliahan yang sudah didapat. Mengingat pentingnya Model Lotka-Volterra ini, maka Program Studi S1 Matematika menyelenggarakan Webinar Matematika: Implementasi Model Lotka-Volterra pada Persaingan Bisnis dengan mendatangkan seorang Ahli dalam bidang pemodelan matematika yaitu Prof. Dr. Fatmawati, M.Si. dari Universitas Airlangga sebagai narasumber.

Kegiatan Webinar Matematika ini dimoderatori oleh Bapak Moh. Nurul Huda, M.Si. selaku dosen Program Studi Matematika dengan narasumber Prof. Dr. Fatmawati, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa formulasi model matematika didapat dari fenomena real. Model dapat diselesaikan secara analitik maupun komputasi numerik. Selanjutnya perlu dilakukan validasi model sehingga dapat dikembangkan sebagai rekomendasi dalam peningkatan kerja. Model Matematika Kompetisi sangat menggambarkan interaksi persaingan dalam satu atau lebih spesies untuk mendapatkan kebutuhan hidup yang sama. Model dasar persaingan dua populasi diperkenalkan oleh Alfred James Lotka dan Vito Volterra. Model ini sangat sesuai diterapkan dengan kondisi persaingan bisnis di era saat ini. Interaksi persaingan dalam satu atau lebih perusahaan terjadi tentunya untuk mendapatkan keuntungan. Antar perusahaan  yang memiliki bisnis dengan produk yang sama tentu memiliki strategi agar mampu bersaing. Dengan demikian, Model Lotka-Volterra dapat diimplementasikan pada persaingan bisnis.

Kegiatan Webinar Matematika: Implementasi Model Lotka-Volterra pada Persaingan Bisnis ini diikuti dengan sangat antusias baik oleh dosen maupun mahasiswa di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Mulawarman. Penyampaian materi dari narasumber mendapat respon yang sangat baik dari peserta webinar. Mahasiswa yang hadir sangat aktif bertanya untuk mendapatkan ilmu terkait model matematika sebagai tambahan ilmu baru dan mengakomodir pengetahuan yang belum pernah dibahas di perkuliahan. Pada akhir kegiatan, Koordinator Program Studi menyerahkan e-sertifikat kepada narasumber Prof. Dr. Fatmawati, M.Si.

Spread the love