[Pengabdian kepada Masyarakat] Pelatihan LaTeX untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dokumen dan Soal Matematika Bagi Guru Matematika SMA/MA Kota Samarinda


Program Studi S1 Matematika bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kota Samarinda menyelenggarakan pelatihan LaTeX kepada para guru Matematika SMA di Kota Samarinda. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian guru dalam menulis dokumen dan soal matematika yang melibatkan notasi matematika kompleks dengan cara yang efektif dan efisien. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah pembelajaran melalui pertukaran pengalaman antara para guru Matematika di Kota Samarinda. Dengan demikian, diharapkan para guru akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan dengan menggunakan software LaTeX sesuai dengan persyaratan Kurikulum Nasional.

Pada Sabtu, 10 Juni 2023, dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Laboratorium Matematika Komputasi, Gedung Science Learning Center, FMIPA UNMUL. Acara tersebut diresmikan oleh Dr. Dra. Hj. Ratna Kusuma, M.Si., selaku Dekan FMIPA UNMUL, dan dilanjutkan dengan pelatihan LaTex untuk guru SMA/MA di Kota Samarinda. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat akademik, antara lain:

  1. Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FMIPA,
  2. Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FMIPA,
  3. Ketua Jurusan Matematika FMIPA,
  4. Koordinator Program Studi Matematika FMIPA UNMUL.
Foto Bersama Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Acara ini dihadiri oleh 28 guru matematika dari 11 SMA/MA yang berada di Kota Samarinda. Pelatihan tersebut dibagi menjadi dua sesi yang berbeda. Pada sesi pertama, peserta diperkenalkan dengan software LaTex dan diajarkan tentang penulisan dokumen menggunakan LaTeX. Penyampaian materi ini dipimpin oleh Ibu Qonita Qurrota A’yun, S.Si., M.Sc., dan Raka Putra Pradipta. Kemudian, pada sesi kedua, peserta mendapatkan pelatihan mengenai cara menulis notasi matematika menggunakan LaTeX, yang dipimpin oleh Ibu Hardina Sandariria, S.Si., M.Sc., dan Taqriri Kamal Mulyadi. Sesi materi dan diskusi berlangsung dengan sangat antusias dan penuh kegembiraan.

Spread the love